Kamis, 31 Maret 2011

PERBEDAAN BUDAYA BARAT DENGAN BUDAYA TIMUR

          Kebudayaan Barat,yaitu kebudayaan yang lebih cenderung mengacu kepada ilmu pengetahuan dan filsafat. Mereka melakukan pembicaraa atau berkomunikasi satu sama lain untuk menemukan yang sebenarnya dari suatu permasalahan. Mereka banyak belajar dari proses diskusi dan perdebatan yang mereka lakukan. Melalui proses belajar dan mengajar, para ahli (ilmuwan) dari kebuyaan ini cenderung lebih pandai dalam berceramah dan berdiskusi. Hal itu dilakukan karena para murid akan menilai suatu pencapaian seorang pakar dalam berceramah dan berdiskusi, dan akhirnya banyak yang akan mengikuti ajarannya.
Sedangkan pada Kebudayaan Timur cara pembinaan kesadarannya adalah dengan cara melakukan berbagai macam pelatihan fisik dan mental. Pelatihan fisik dapat berupa menjaga pola makan dan minum, karena hal tersebut dapat berpengaruh besar pada tubuh. Sedangkan untuk pelatihan mental dapat berupa kegiatan yang umumnya dilakukan sendiri, seperti berdo’a dan beribadah.
          Meskipun proses dari dua kebudayaan tersebut bebeda, tapi tujuan yang mereka capai sama yaitu untuk mensejahterakan kebudayaan masing-masing. Kebudayaan timur menilai kebudayaan barat adalah kebudayaan yang tidak mementingkan nilai kesopanan dalam berpakaian. Karena, pada umumnya orang-orang pada kebudayaan barat lebih berani dalam memperlihatkan atau menonjolkan salah satu bagian tubuhnya. Sedangkan mungkin kebudayaan timur lebih sopan dibandingkan dengan kebudayaan barat.
          Dalam hal berpakaian maupun pergaulan pun budaya Timur terlihat lebih sopan dibandingkan budaya Barat. Misalkan dalam kebudayaan Timur cenderung untuk berpakaian sopan dan tertutup,lain halnya dengan kebudayaan Barat yang suka berpakaian terbuka dengan dalih trend atau perkembangan zaman. Namun apapun perbedaan yang ada janganlah dijadikan suatu permasalahan/konflik antar budaya, dikarenakan setiap orang memiliki hak dan kewajiban masing-masing.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar